Buku Baru-ku

Jaksel, 9 Februari 2010

Buku Baru-ku

Bismillah

InsyaAllah hari ini adekku akan mengirim buku-buku yang kupesan beberapa hari yang lalu. Ahh… senangnya hatiku. Sudah lama aku tidak belajar. Sudah lama tidak bercengkrama dengan ilmu.

Untuk buku-buku yang dikirim adekku itu, aku memang masih pendatang baru. Pasti jauh tertinggal oleh teman-teman yang lain. Tetapi tidak mengapa, cukuplah kecintaanku pada ilmu dan semangatku untuk mempelajarinya yang senantiasa menemani.

Entah mengapa, adalah hal yang menyenangkan untukku melihat orang belajar. Dijadikan indah bagiku para penuntut ilmu dan ilmu itu sendiri. Didalam pencapaian para penuntut ilmu kepada pemahaman, terdapat proses pergelutan dan tarik menarik pikiran yang menarik hati. Lebih luasnya, ilmu itu bukan hanya yang bersifat tertulis, tetapi juga yang terdengar dan teramati.

Terdapat beberapa dalil dari al-quran maupun hadits yang memberitahukan tentang pentingnya menuntut ilmu ini, diantaranya adalah:

1.) Niscaya Alloh akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Qur’an Al mujadalah 11)
..
2.) Seseorang yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu niscaya Alloh akan mudahkan baginya jalan menuju Syurga (Shahih Al jami)
..
3.) Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka dia berada di jalan Alloh sampai dia kembali(Shahih tirmidzi)
..
Ali bin Abi Thalib mengatakan, ‘Pelajarilah yang paling penting dulu, kemudian yang penting, kemudian yang penting, dan seterusnya’. Dan yang dimaksud yang paling penting disini adalah ilmu agama. Sebagaimana pada hadits berikut:
..
4.) Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Qur’an dan yang mengajarkannya (HR bukhari )
..
5.) Siapa yang Alloh kehendaki menjadi baik maka Alloh akan memberikannya pemahaman terhadap Agama (Sahih ibnu majah)
..
Walaupun ilmu yang terdapat pada buku yang kumaksud diatas bukanlah ilmu agama, tetapi siapa tahu ilmu didalamnya dapat membawa pemahaman kepada dalil ‘aqli dan dapat membawa pembelajarnya untuk menghubungkannya dengan dalil naqli.

Bagaimanapun itu, semoga senantiasa pembelajar itu dapat mengambil hikmah dari apa-apa yang mereka pelajari serta diluruskan niatnya menuntut ilmu hanya karenaNya. Amin.

Wallahu ‘alam bisshawab. Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s