Susahnya Menulis

Jakarta selatan, 1 Desember 2009

Susahnya Menulis

Sudah lama ga nulis di blog. Kering ide. Beberapa waktu yang lalu lagi banyak2nya ide tapi belum dituangkan ke tulisan jadi keburu menguap deh. Iseng-iseng browsing di internet akhirnya I found several tips for writing problems below.

1. Kering ide

Untuk mengatasi masalah ini adalah tulis apa saja yang bisa kita tulis. Mau telat ngantor, ketemu temen lama, bis olahraga, mau mendebat pendapat orang, ga setuju kebijakan pemerintah, tulis aja. Dari sini, lama kelamaan akan terbangun ‘sistem menulis’ serta ‘writing oriented’ dalam otak kita dan ide-ide pun semakin mengalir.

2. Sistematika menulis

Seringkali kita bingung how to start writing our ideas. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kekhawatiran-kekhawatiran takut tidak sesuai dengan kaidah menulis, takut tulisan tidak menarik, dll. Untuk mengatasi hal ini kita cukup menulis dengan bebas aja. Free writing. Tulis aja dulu semua yang ada di kepala. Urusan salah ketik, alur kemana-mana urusan belakang. Never try to edit them before we’d written them all. Karena hanya akan menghambat kelancaran ide. Nah, setelah seluruh ide telah dituangkan, barulah kita mulai membacanya ulang, mengedit jika ada tulisan yang salah, dll.

Ok, that’s all and keep on writing guys. Salam.

4 thoughts on “Susahnya Menulis

    • mgkn krn point ke-2 yg sy sebutkan diatas….
      ato tkadang jg kita menunggu untuk menuliskan topik yg ‘berat’,, padahal topik yg ringan pun bisa menjadi menarik.. =)

  1. Ide menulis banyak banget ko’ Mbak. Lawong Di WC aja kita bisa dapet ide: semisal menulis “Buah salak menjadikan susah buang air besar.”

    Salam dari Jawa Timur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s