Alhamdulillah KKW Selesai…

5 Februari 2009

Sangatta, Kutai Timur, Kaltim

Alhamdulillah KKW Selesai…

KKW atau kertas kerja wajib merupakan laporan yang wajib dikerjakan dan dikumpulkan pada akhir OJT di Pertamina ini. Sampe tadi pagi saya masih dibuat pusing ma kkw ini. Gara2nya bidang studiku yang dulu berbeda dengan fungsi yang aku tempati sekarang. Dulu Fisika Material Elektronik, sekarang semacam Geosains. Tema Skripsiku dulu tentang sifat elektrik dari suatu bahan/material yang ukurannya sangat kecil  -nano-powder- yang merupakan cabang dari nanoteknologi,, sementara tema KKWku sekarang adalah tentang prospek reservoir minyak. Terjadi perpindahan disiplin ilmu. Jadi, serasa tersesat. Ibaratnya, kalo kita hendak memulai TA, kita masih mencari-cari judul, baca-baca referensi, meraba-raba posisi kita dalam penelitian yang hendak kita kaji. Walaupun kerangka logikanya memang tetap bisa digunakan dan memang itulah yang paling penting. Tapi ini semua menyenangkan berhubung semua ilmu menurutku memang mengagumkan dan saling berkorelasi.

Jadi teringat semasa masih di classroom dulu, berusaha menyimak tapi rasanya tidak dapat apa-apa. Semua ilmu dan istilah-istilah perminyakan, geologi, serta geofisika khas Oil industry masih pada tahap interfacing denganku. Jadi belum tahap absorbing. Apalagi tahap understanding, apalagi tahap comparating, apalagi tahap mampu-melihat-benang-merah antar sub ilmu, apalagi tahap conclusion. Wajar jika banyak orang yang mengatakan jika kita bekerja maka kita akan belajar hal-hal yang baru lagi. Makanya pembelajaran itu bersifat tiada akhir dan tanpa batas. Unbounded study.

Dan sedari awal OJT di desa Sangkima, Sangatta, Kalimantan Timur ini, aku terus meraba-raba ke mana arah topik KKW ini, apa tujuannya. Walaupun bingung namun tetap berupaya mengerjakannya, berharap suatu saat memang akan sampai di ujungnya. Dan siang tadi, ada kabar gembira dan sangat melegakan hati. KKW ini telah selesai!!. Begitu respon mentorku setelah kutanya sudah sejauh mana KKWku ini. Alhamdulillah…. sekarang ‘tinggal’ finishing touch (tepatnya –> analisa, dan inilah yang seru) serta melengkapi bagian penulisannya.

Alhamdulillah, lega sekali rasanya…

(Bahasa penulisan yang agak dipengaruhi oleh gaya penulisan novel, karena memang sedang membaca New Moon, lanjutan dari Twilight).

2 thoughts on “Alhamdulillah KKW Selesai…

  1. ohhhh….
    ak pgn ke suasana spt yg ditulis Anda di atas..
    pgn KKW cepet selesai. tapi, detik ini aku msh meraba2 apa topik KKW. aku bingung..aku dr akuntansi masuk ke HR..
    bingung..bingung..pgn teriak….!!!
    ada topik ketika didiskusikan ke org lain, jd mentah. ada yg lain didiskusikan dgn yg lain lagi, eh mentah lagi…
    Mgkn andai ak dlm bidang yg sama, tahap absorbing bahkan understanding n comparating telah kulalui dan alhasil mudahlah aku membuat KKW…help me…tlg masukannya…tlg sharing experiencenya..thx a lot

    • Hello mutia, salam kenal ya..
      kalau dari cerita diatas, yg saya tangkap berarti sekarang sedang mencari topik ya? utk topik kkw, saya sarankan koordinasikan dengan mentor (kan kita disediakan mentor ya selama ojt). Diskusikan dan mintalah topik yang ada kaitannya dengan kebutuhan field tempatmu ojt. Misal permasalahan bagaimana proses perekrutan SDM yang melibatkan putra daerah (tempatmu ojt) namun SDM terekrut tetap berkualitas. Atau bagaimana agar lembur pekerja/pekarya tetap dapat efektif dan tidak asal lembur, dll.

      Trus, jangan lupa banyak nanya dan minta bimbingan ke mentormu tsb serta orang2 yg sekiranya berkorelasi dengan topik kkw mu itu. Trus share lah dengan teman2mu di field lain, kali aja ada yang mengerjakan hal yang sama.

      Ok, sekian ya dr sy, semoga bermanfaat. Good luck :).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s