Langkah; dimulai dengan Niat dan Tujuan

Sangatta, 9 Muharram 1430 H

Bismillahirrahmanirrahim


Langkah; dimulai dengan Niat dan Tujuan


Assalamu ‘alaykum warahmatullahi wabarakatuh

First of all, I’d like to thanks Indah Si’03 yang telah membuatku lebih bersemangat dan mempercepat postingan blog ini and also thanks to Fuad yang telah banyak membantu memperkenalkan item2 blog ini and their function so that I can use them finally…

Hmm…. Cukup bingung memulai kata pertama untuk tulisan pertama ini.. Saya teringat akan sabda Rasul: “Innamal a’maalu binniyaat, yang artinya sesungguhnya perbuatan itu dengan niat (ini arti letter per letternya). Demikian pula dengan penulisan blog ini. Bermula dari kebiasaan merenung dan melamun tentang berbagai hal dan kemudian menulisnya dalam bentuk point-point atau catatan-catatan kecil yang berserakan, maka terbersitlah keinginan untuk menuangkannya ke dalam tulisan yang sedikit lebih rapi and easy to acces; yaitu blog.

Saya memiliki sebuah buku dengan sampul berwarna hitam yang judulnya ‘Tanyalah Aku Sebelum Engkau Kehilangan Aku’. Buku ini berisi kata-kata mutiara Ali bin Abi Thalib. Salah satu perkataannya dalam buku itu seingat saya adalah, ‘Ikatlah ilmu itu dengan tulisan karena sesungguhnya ia bagaikan kuda liar yang jika tidak diikat maka ia akan lari’.

Tulisan yang nantinya insyaAllah akan saya tulis mungkin bukanlah ilmu yang apik sebagaimana yang dimaksud suami tercinta Fathimah Az-Zahrah ini dan bukan pula ilmu yang dapat ditemukan di perpustakaan atau toko-toko buku, namun dengan menulis, saya berharap dapat berbagi dengan siapapun yang membacanya.

Dan, terkadang tulisan dapat mengingatkan kita akan idealisme, cita-cita, mimpi-mimpi kecil yang pernah muncul dalam diri kita. Saya berharap tulisan ini dapat turut menjaga bara mimpi-mimpi itu agar senantiasa menyala, menjadi sarana pembelajaran, serta membantu diri ini untuk dapat lebih mengenal diri sendiri karena hal tersebut banyak manfaatnya.

Buat teman-teman yang mampir baik secara sengaja maupun tidak sengaja pada blog ini, saya ucapkan salam kenal, please enjoy this blog as I do, saya tunggu komentar-komentar dan sharing ilmunya, semoga blog ini dapat menjadi wadah tulisan yang bermanfaat bagi kita semua…

Nun, walqalami wa maa yasthuruun (kalimat penutup yang biasanya digunakan semasa kultum di pesantren dulu, he..)…

Wassalamu ‘alaykum wr.wb…

2 thoughts on “Langkah; dimulai dengan Niat dan Tujuan

Leave a Reply

